Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Harus Anda Tahu


Sudah kodrat seorang wanita yang menjadi ibu akan mengandung janin dan melahirkannya ke dunia. Masa kehamilan merupakan pengalaman yang tidak terlupakan bagi seorang wanita, karena pada masa kehamilan ada tanggung jawab besar yang harus diemban untuk si calon buah hati. Asupan makanan untuk dirinya sendiri dan juga untuk janin yang dikandung harus benar-benar diperhatikan.

Berbicara mengenai makanan sehat untuk ibu hamil tentunya harus berdasarkan pada fakta-fakta yang ada. Bukan sekedar informasi-informasi yang sudah beredar luas di masyarakat tanpa kejelasan benar tidaknya. Karena sering kita temukan informasi mengenai pantangan ibu hamil terhadap makanan atau minuman tertentu yang sudah terlanjur dipercaya secara turun temurun, dari generasi ke generasi tanpa didukung dengan alasan yang ilmiah.

Sebagai seorang ibu yang sedang hamil, terlebih untuk kehamilan yang pertama kalinya, maka diperlukan informasi yang cukup mengenai resep makanan sehat untuk ibu hamil. Karena pada kehamilan 3 bulan pertama biasanya sering terasa mual dan muntah, maka perlu disiapkan menu makanan sehat agar asupan gizi bagi Ibu dan janin tetap tercukupi. Terlebih lagi pada masa itu janin baru akan tumbuh sehingga memerlukan vitamin dan mineral untuk perkembangannya. Hal inilah yang yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil, yaitu makan makanan yang 2 kali lebih bergizi dari biasanya.

Salah satu informasi mengenai makanan untuk ibu hamil yang bisa dijadikan referensi bagi Anda akan coba kami sajikan pada postingan Terbaru Terpercaya kali ini. Zat/vitamin apakah yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janinnya, serta jenis makanan ibu hamil apa yang mengandung zat/vitamin tersebut akan kami uraikan lebih detail disini.

Folic Acid Untuk Mempersiapkan Rahim
Kehamilan biasanya baru diketahui setelah berumur minimal 4 minggu, dimana janin pada saat itu masih berupa embrio hasil pembuahan sperma dengan sel telur. Folic Acid diperlukan untuk mempersiapkan rahim sebagai tempat tumbuhnya janin. Folic Acid bisa diperoleh dari multi vitamin untuk ibu hamil. Dosis yang diperlukan adalah minimal 400 mcg. Selain untuk menyipakan rahim, Folic Acid juga diperlukan untuk mencegah cacat pada tulang belakang bayi.

Jika Anda termasuk yang tidak suka atau tidak bisa menelan tablet multi vitamin maka makanan sehat untuk ibu hamil berikut ini bisa Anda jadikan alternatif, antara lain: jagung, kacang kedelai, jeruk, wortel, brokoli, kol, kembang kol, buah jeruk, buah jambu klutuk, buah alpukat dan sereal berbahan jagung atau gandum.

Protein Penting Dalam Masa Perkembangan Janin
Di dalam rahim seorang ibu, janin berkembang mulai dari embrio hingga menjadi bayi yang siap dilahirkan dengan organ tubuh yang lengkap. Protein memegang peranan penting dalam masa pertumbuhan janin terutama untuk pembentukan organ-organ tubuh. Selain itu protein diperlukan untuk pembentukan darah dan juga sebagai antibodi bagi ibu maupun janinnya.

Sumber protein di dalam makanan bisa dengan mudah Anda dapatkan berupa daging baik sapi maupun ayam, ikan, putih telur, susu, keju dan produk susu lainya, tahu, tempe dan kacang-kacangan.

Buah-Buahan Sebagai Sumber Vitamin Dan Mineral
Kebutuhan akan vitamin dan mineral pada masa kehamilan meningkat lebih banyak, tentunya ini berkaitan dengan keberadaan janin di dalam rahim yang sedang tumbuh. Vitamin dan mineral dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dan calon buah hatinya. Anda bisa memilih buah-buahan yang disukai untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral selama masa kehamilan.

Sayuran Sebagai Pelengkap Sumber Vitamin Dan Mineral
Selain buah, vitamin juga bisa kita peroleh dari sayuran. Sayuran yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah sayuran yang berwarna hijau tua, karena banyak mengandung vitamin A, C, K, dan folat yang penting bagi ibu hamil.

Susu Sebagai Pelengkap 
Susu adalah menu makanan sehat selanjutnya untuk ibu hamil. Susu selain mengandung protein seperti yang sudah diuraikan di atas, juga banyak mengandung kalsium yang penting bagi pertumbuhan tulang si calon buah hati sekaligus menjaga kepadatan tulang Anda. Advertisement

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar dengan cara berkomentar yang sopan, baik dan benar

 
Top