Beberapa Fakta Tentang Topan Haiyan Yang Melanda Filipina


Satu minggu belakangan ini kita disuguhi berita yang menyedihkan tentang bencana alam dahsyat yang melanda negara tetangga kita di Filipina. Topan Haiyan, demikian nama angin topan yang telah memporak-porandakan sekitar 70% - 80% dari wilayah yang dilaluinya. Korban jiwa dan kerusakan terparah terjadi di propinsi Leyte, Filipina.



Lantas fakta apa saja yang bisa kita simak dari Topan Haiyan ini, ikuti pemaparan berikut ini:
  1. Topan Haiyan, berasal dari bahasa Tionghoa/China yang berarti menelan, mungkin disesuaikan perilaku topan Haiyan ini yang bisa menelan apa saja yang dilaluinya. Bahkan termasuk didalamnya memporak-porandakan pohon, menerbangkan mobil dan menghancurkan bangunan-bangunan yang kokoh.
  2. Topan Haiyan di Filipina disebut dengan Topan Yolanda.
  3. Topan Haiyan merupakan topan terbesar yang pernah melanda Filipina, kecepatannya bisa mencapai 315 km/jam dengan tekanan mencapai 895 mba.
  4. Topan Haiyan menyebabkan 9.5 juta warga Filipina mengungsi dan 10.000 lebih korban tewas. Korban tewas akan terus bertambah seiring mulai diaksesnya daerah-daerah terpencil.
  5. Propinsi terparah yang dihantam topan Haiyan adalah Leyte.
  6. Topan Haiyan juga menyebabkan banjir, sebagaimana yang terjadi saat Tsunami menerjang Aceh tahun 2004 lalu.
  7. Indonesia telah mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Filipina terkait topan Haiyan tersebut. 
Topan Haiyan dikabarkan sudah mereda, namun efek kerusakan yang ditimbulkan baik fisik maupun psikologis para korban selamat mungkin masih akan terlihat sampai dengan setahun mendatang. Mari kita bantu saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah, meskipun hanya dengan do'a.
Advertisement

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar dengan cara berkomentar yang sopan, baik dan benar

 
Top