Obat Batuk Herbal Ternyata Mudah Diracik


Di musim pancaroba atau pergantian musim seperti ini, bermacam penyakit sering menghinggapi kita. Hal ini karena tubuh dalam masa beradaptasi dengan perubahan musim yang terjadi dan dimasa tersebut daya tahan tubuh kita melemah. Penyakit yang sering dijumpai biasanya berupa batuk, pilek, masuk angin, demam, sakit perut bahkan sakit mata.



Jika sudah menderita sakit, maka pilihan terbaik adalah obat dan istirahat lebih banyak. Untuk masalah obat, sekarang ini trend masyarakat Indonesia sudah beralih ke obat herbal atau obat alami. Obat-obatan kimia sudah mulai banyak ditinggalkan karena harganya yang mahal dan juga mempunyai efek samping yang kurang bagus untuk tubuh.

Nah kali ini kami akan memberikan informasi mengenai obat batuk herbal yang ternyata jika kita mengetahui caranya sangat mudah sekali diracik dan bahannya sangat mudah didapatkan di sekitar kita. Ada beberapa obat batuk herbal yang bisa Anda racik sendiri dan tentunya Anda bisa memilih sesuai dengan yang disukai.

Asam Jawa dan Gula Merah

Bahan: 10 gram daging buah asam jawa, gula merah secukupnya, dan air panas sebanyak satu gelas.
Cara pengobatan: daging buah asam jawa diseduh dengan segelas air panas, kemudian tambahkan gula merah secukupnya untuk membuat rasanya menjadi manis dan enak diminum. Minum ramuan tersebut saat masih hangat.

Cabe Jawa dan Madu

Bahan: 6 gram buah cabe jawa kering, madu secukupnya.
Cara pengobatan: cabe jawa kering ditumbuk hingga halus, kemudian diminum bersama dengan satu sendok makan madu satu kali sehari. Lakukan pengobatan ini secara rutin sampai batuk sembuh.

Ramuan Jeruk Nipis

Bahan: 1 buah jeruk nipis, kapur sirih secukupnya dan gula batu juga secukupnya.
Cara pengobatan: buah jeruk nipis dibelah menjadi dua bagian. Bagian yang terbelah diolesi dengan kapur sirih, lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu, kulit luar jeruk nipis dibakar sampai berbuih. Air jeruk diperas, lalu tambahkan gula batu. Setelah tercampur rata, air perasan tersebut lalu diminum.

Buah Kapulaga

Buah kapulaga atau disebut kapol, ternyata bisa juga digunakan untuk mengobati batuk.
Caranya: ambil 5 butir buah kapulaga dan satu gelas air bersih. Buah kapulaga dicuci bersih, kemudian direbus dengan satu gelas air hingga mendidih. Minum air rebusan kapulaga tersebut saat masih hangat.

Daun Kayu Putih

Tanaman kayu putih biasanya diambil minyaknya untuk digunakan sebagai minyak telon yang sifatnya menghangatkan. Namun ternyata daun kayu putih juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit batuk. Caranya, rebus 10-15 gram daun kayu putih dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Kemudian airnya diminum sekaligus saat masih hangat.

Setelah menyimak resep racikan obat batuk herbal di atas, tentunya sekarang ini Anda tidak perlu membeli obat batuk di toko obat dan tidak bergantung lagi dengan obat kimia yang sebetulnya adalah racun bagi tubuh kita. Semoga informasi mengenai obat batuk herbal ini bermanfaat bagi kita semua. Advertisement

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar dengan cara berkomentar yang sopan, baik dan benar

 
Top