Aneka Resep Masakan Indonesia - Resep Sate Lilit Khas Bali


Aneka resep masakan Indonesia memang selalu menarik untuk dicoba. Keanekaragaman makanan khas nusantara seolah tidak ada habisnya. Untuk ikut melestarikan makanan khas nusantara maka Terbaru Terpercaya mencoba untuk sedikit berkontribusi untuk menuliskan salah satu resep masakan nusantara, yaitu sate lilit khas bali.



Penulis mengenal sate lilit ini sewaktu berlibur di Bali, Februari 2012 yang lalu. Hampir setiap hari saya dan keluarga menikmati sate lilit di restaurant sekitar Kuta. Penyajian sate yang khas, tidak seperti sate-sate yang lain dan rasanya yang gurih membuat ketagihan siapa saja yang mencobanya. Dari ketertarikan saya itu maka pada kesempatan kali ini saya memilih resep sate lilit sebagai salah satu aneka resep masakan Indonesia untuk saya bagikan kepada pembaca sekalian.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk sate lilit:
- 200 gr ikan  kakap fillet, giling sampai halus
- 100 gr udang kupas, giling sampai halus
- 50 gr kelapa setengah tua, kupas lalu parut
- 1 sendok teh gula pasir
- 2 sendok makan minyak goreng
- garam secukupnya
- 8 batang serai

Bumbu halus untuk sate lilit:
- 6 butir bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 6 buah cabai merah keriting
- 1/2 sendok teh terasi bakar
- 1 cm kencur
- 3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya

Cara membuat sate lilit:
Campur ikan kakap dan udang yang telah dihaluskan dengan kelapa parut, tambahkan bumbu halus, garam, dan gula pasir, aduk sampai tercampur rata.
Bagi adonan menjadi 8 bagian. Ambil satu bagian adonan ikan, kepal-kepal pada satu batang serai. Lakukan sampai adonan habis
Bakar sate sampai matang dan berwarna kecoklatan sambil dioles dengan sedikit minyak orang agar tidak lengket.
Sate lilit pun siap disajikan.

Sebagai alternatif, kakap dan udang bisa diganti dengan daging ayam atau daging sapi. Tentunya semua bisa disesuaikan dengan selera Anda. Selamat mencoba aneka resep masakan Indonesia episode resep sate lilit khas Bali. Advertisement

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar dengan cara berkomentar yang sopan, baik dan benar

 
Top