Manfaat Pala, Pala Si Rempah Berkhasiat


Manfaat Pala, Pala Si Rempah Berkhasiat. Pala kita kenal sebagai rempah - rempah yang sering di gunakan sebagai bumbu dalam masakan, namun ternyata pala ini merupakan tanaman yang serba guna dimana setiap bagiannya dapat di manfaatkan menjadi olahan yang bermanfaat. Dagin buah pala dapat di olah menjadi manisan ataupun sirup yang enak untuk di nikmati, selanjutnya fulinya yaitu bagian yang menyelimuti biji buah pala yang berbentuk seperti anyaman sering juga di sebut bunga pala dapat di gunakan menjadi bahan baku kosmetik dan parfum. Terakhir biji pala sering kali di gunakan untuk bumbu masakan, bisa juga di gunakan sebagai bahan kosmetik, minyak atsiri dan juga bahan pengawet.
pala
Selain untuk masakan, kosmetik dll, pala juga mempunyai manfaat alami untuk kesehatan, berdasarkan hasil riset yang di lakukan National Science and Technology Authority dalam bukunya Guidebook on the proper use of medicinal plants di sebutkan bahwa pala mengandung senyawa-senyawa kimia yang bermanfaat untuk kesehatan, diantaranya Kulit dan daging buah pala mengandung minyak atsiri dan zat samak, bunga pala atau fuli mengandung minyak atsiri, zat samak dan zat pati, biji pala mengandung minyak atsiri, saponin, elemisi, enzim lipase, pektin, miristisin, leonena dan asam oleanolat.
Untuk penggunaannya untuk membantu mengatasi masalah kesehatan, berikut beberapa manfaat alami dari pala :

Manfaat Pala, Pala Si Rempah Berkhasiat

  • Mengatasi Nyeri Haid

Caranya : Campurkan 1/2 sendok teh pala halus, 2 cm kunyit, 6 buah ketumbar, 1 buah cengeh dan satu gelas air kemudian rebus dengan api kecil hinggaairnya tersisa setengahnya. Kemudian saring dan minum selagi hangat. Ulangi bila perlu.
  • Mengatasi Rasa Mual dan Muntah

Caranya : Seduh 1 sendok teh pala halus dengan 1/4 sendok teh garam halus dalam 1 gelas air hangat. Aduk rata dan minum selagi hangat beserta ampasnya.
  • Mengatasi Insomnia

Caranya : Rebus 1 gelas susu segar, 1sendok teh pala halus, 1 sendok teh madu dan 1/2 sendok teh gula batu hingga mendidih sambil diaduk - aduk. selanjutnya saring dan minum selagi hangat.
  • Mengatasi Suara Parau

Caranya : Campurkan 2 sendok makan pala halus dengan 2 sendok makan jahe parut , 1 sendok teh cengkeh halus dan 3 tetes minyak kayu putih. Campurkan hingga merata dan berbentuk pasta kemudian oleskan pada leher seperti memakai masker, biarkan meresap selama 3 jam dan ulangi hingga sembuh. Advertisement
 
Top